Rabu, 04 April 2012

ASAL MULA PENSIL

Pada April 1827, pensil yang terbuat dari bahan grafit untuk pertama kalinya diproduksi oleh Joseph Dixon di Salem, Massachusetts, Amerika Serikat. Dixon merupakan pelopor pengembangan industri grafit di Amerika Serikat.
Meski ia telah memperkenalkan pada akhir dekade 1920-an, hingga akhir dekade 1960-an, warga Amerika pada umumnya masih menulis menggunakan pena dari bulu unggas dan tinta. Akan tetapi, Perang Sipil AS menuntut hadirnya sebuah cara menulis yang kering, jelas, dan mudah dibawa-bawa sehingga terjadi produksi massal pensil pada saat itu. Ketika Dixon meninggal pada tahun 1869, Joseph Dixon Crucible Company merupakan penghasil produk grafit terbesar di dunia. Sejak tahun 1872, perusahaan Dixon membuat 86.000 pensil per hari.
Meski demikian, pabrik pensil pertama di AS dirintis oleh William Monroe dari Concord, Massachusetts pada Juni 1812. Ia membuat 30 pensil yang diborong oleh Benjamin Adams, pedagang dari Boston. Sementara itu, pensil pertama dibuat di Inggris pada tahun 1584 menggunakan grafit dari Borrowdale, Cumberland.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar